RSS Feed

gunung karangetang

Posted on

SIAU,BSC—Gunung berapi tidak selamanya harus berbahaya, sebab dapat saja ada potensi besar yang terpendam disitu. Hal ini kurang lebih dapat ditangkap dari apa yang disampaikan oleh kepala Bappeda Sitaro. Menurut Kaban Bappeda, Drs Denny D Kondoj MSi, ketenaran Karangetang bisa dimanfaatkan, misalnya dengan membuat festival Karangetang dengan berbagai agenda kegiatan. “Sehingga bukan saja wisata pantai yang terkenal di Sitaro, tapi wisata Gunung Karangetang juga bisa menarik wisatawan. Buktinya, beberapa waktu lalu ada seorang turis yang hendak naik ke gunung tersebut. Artinya, ada daya tarik lain jika gunung dijadikan obyek wisata, entah dikemas dalam bentuk obyek wisata apa? Apakah untuk hiking atau lainnya,” papar dalam sebuah perbincangan belum lama ini. Namun ia tetap mengingatkan perlu tetap waspada dengan kondisi Gunung Karangetang yang sewaktu-waktu bisa berubah dengan mengeluarkan semburan lava pijarnya setiap malam. “Itu juga menarik. Meskipun disatu sisi banyak warga juga ketakutan,” tutup Kondoj. Walaupun demikian gagasan ini sebenarnya bukan hal yang baru karena enam bulan yang lalu tim Gerakan Bangun (Gerbang) Sitaro sudah mewacanakannya bahkan sudah memulai langkah kerjasama dengan beberapa biro travel di Jogyakarta. “kami sudah sampai pada identifikasi kerjasama travel dan desain brosur serta training pemantapan untuk itu,” ujar salah seorang Tim Gerbang Sitaro ketika dikonfirmasi mengenai gagasan ini.

Gunung Karangetang Masih Bergemuruh

KBR68H – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum menurunkan status Awas gunung Karangetang di Sulawesi Utara. Kepala PVMBG, Surono menyatakan, aktivitas vulkanik gunung tersebut masih terus terjadi dengan intensitas sama seperti kemarin.“Gunung Karengetang, pagi ini 21 Maret masih tertutup kabut. Masih terdengar suara gemuruh, lelehan lava masih berjarak 1700 dari puncak, masuk ke kali. Kemudian tampak sinar api sekitar 50 meter dari titik letusan. Status masih awas dan belum diturunkan,” papar Surono.

Status gunung Karangetang dinaikkan dari Siaga menjadi Awas sejak 18 Maret lalu karena aktivitas vulkanik gunung yang meningkat. Sekitar seribuan warga Kabupaten Sitaro sudah mengungsi menghindari kemungkinan awan panas gunung tersebut. Menurut catatan PMI setempat, bahan makanan untuk keperluan pengungsi terbatas.

About episcia

saia seorang anak perempuan (bungsu dari 2 bersaudara).. memiliki seorang kakak laki-laki bernama koko.. anak ke 2 dari pasangan Bambang S. Lautt dan Hana Pertiwi.. saia lahir 4 juli 1994, berbintang cancer.. menyukai warna ungu dan pink pucat.. memiliki sifat kekanak-kanakan, simple, cereweet.. saia mempunyai berapa hobby seperti menulis, menari, menyanyi, dll.. warna kulit kung langsat.. tinggi badan 168 cm.. dan berat badan 59.. saia menggeluti beberapa ekskul seperti pramuka, pasibaraka, OSIS, SKR.. selanjutnya jika ada yang ingin ditanyakan.. hubungi saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: