RSS Feed

Upaya menembus batas kecepatan

Posted on

Sampai saat ini, manusia tidak pernah berhenti dan tidak pernah puas dengan alat transportasi yang tercepat, selalu menginginkan alat transportasi yang paling cepat, paling cepat, dan paling cepat lagi….

Seperti yang dilakukan sekelompok tim dari Inggris yang mempunyai rencana ingin  melampaui rekor kendaraan darat tercepat di dunia yang hingga kini belum juga terpecahkan, sejak 13 tahun lalu. Memang tidak pernah putus asa!

Alat transportasi yang mereka rencanakan adalah mobil yang dinamakan Bloodhound Super Sonic Car (SSC), targetnya mobil ini mampu melejit sekencang 1000 mil per jam atau sekitar 1600 km per jam, melampaui kecepatan kendaraan tercepat saat ini, Thrust SSC, yang bisa melesat hingga 763 mil per jam atau 1.228 km per jam. Anggapannya dengan kecepatan tersebut, Bloodhound bisa mengalahkan kecepatan peluru yang ditembakan dari mulut pistol revolver Magnum 0.357 yang berkecepatan 441 meter per detik.

Mengenal Bloodhound

Mesin Bloodhound ditenagai oleh kombinasi dari roket Falcon dan sebuah mesin jet EJ200 yang digunakan pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Mesin jet ini mampu memproduksi daya dorong sekuat sembilan ton, sementara mesin roket akan menyediakan daya dorong tambahan sebesar 12 ton.

Adapun bodi Bloodhound terbuat dari bahan bahan campuran yang tipis. Rodanya akan dibuat oleh Lockheed Martin (pembuat pesawat jet F-22 Raptor dan F-35), roda tersebut terbuat dari campuran aluminium padat, berbobot 97 kg, dan berdiameter 90 cm.

Pembuatan salah satu unit power yang mengendalikan bagian liquid oxidiser pada roket Bloodhound akan dibuat oleh pembuat mesin jet pada mobil F-1, Cosworth. Dan Hampson Industries akan membangun bagian belakang dari mobil itu.

Nah, pemecahan rekornya akan dilaksanakan di Hakskeen Pan di Provinsi Cape bagian utara, Afrika Selatan.

Pada trek sepanjang 20 km dan selebar 1,5 km itu, hal yang paling tidak kalah pentingnya adalah tidak boleh sama sekali ditemukan batu, karena bisa menyebabkan kecelakan yang sangat fatal.

Oleh karenanya, sekitar 300 orang lokal telah dikerahkan untuk membersihkan trek tersebut dari batu. Wah, ribet dong kalau digunakan untuk kepentingan umum….

Bloodhound musti melakukan dua kali lintasan untuk memecahkan rekor ini. Hasil kecepatan rata-ratanya itulah yang akan menjadi kecepatan resmi dari kendaraan itu.

Richard Noble sendiri adalah orang yang juga mengepalai tim kendaraan Thrust SSC pada 1987, yang hingga kini rekornya masih belum terpecahkan. Bahkan, pada 1983 ia sendiri mengendarai Thrust 2 memecahkan rekor kendaraan tercepat di dunia, mengalahkan kecepatan Bluebird CN7 Demi misinya kali ini, Noble membawa serta beberapa personel terdahulu pada misi lawasnya di 1987. Mereka adalah Komandan Wing Royal Air Force Andy Green sebagai pengemudi kendaraan, dan Ron Ayres, Kepala desain aerodinamis.

Konstruksi Bloodhound akan mulai dilakukan pada Januari tahun depan. Rencananya, Bloodhound akan memecahkan rekor baru kecepatan mobil di bumi, pada tahun 2012.

About episcia

saia seorang anak perempuan (bungsu dari 2 bersaudara).. memiliki seorang kakak laki-laki bernama koko.. anak ke 2 dari pasangan Bambang S. Lautt dan Hana Pertiwi.. saia lahir 4 juli 1994, berbintang cancer.. menyukai warna ungu dan pink pucat.. memiliki sifat kekanak-kanakan, simple, cereweet.. saia mempunyai berapa hobby seperti menulis, menari, menyanyi, dll.. warna kulit kung langsat.. tinggi badan 168 cm.. dan berat badan 59.. saia menggeluti beberapa ekskul seperti pramuka, pasibaraka, OSIS, SKR.. selanjutnya jika ada yang ingin ditanyakan.. hubungi saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: