RSS Feed

Menahan nafas di dalam air

Posted on

Berapa lama kamu mampu menahan nafas di dalam air???

10 detik?30 detik? 1 menit? 5 menit? atau 20 menit?!

Hmm, kalau saya 1 menit saja sudah mengeluarkan kepala dari dalam air. ckckckck….

Bila kepala manusia berada di dalam air, detak jantung berkurang dan tingkat oksigen yang dipompakan ke seluruh tubuh ikut berkurang. Kemampuan manusia saat menahan nafas di dalam air itu berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan orang itu sendiri…. Orang yang memiliki paru-paru besar akan lebih mampu bertahan lama didalam air dibandingkan yang kecil. Menurut dokter Johan Anderson dari Universitas Lund, batas kemampuan manusia adalah 15 menit. Tetapi apa ada yang mampu menahan nafas di dalam air lebih dari 15 menit?

Kamu tahu Peter Colat??? hmmmm….

Ini dia Peter Colat yang jago nahan nafas di dalam air!

Seorang penyelam asal Swiss ini berhasil memecahkan rekor baru menahan napas di dalam air. Pemuda berusia 38 tahun ini mencatat waktu 19 menit 21 detik  dan mengalahkan rekor sebelumnya milik warga Italia, Nicola Putignano dengan selisih 19 detik lebih baik

Dalam pemecahan rekor itu Guinness World Records memakai aturan yang dinamakan “static apnea”. Yaitu mengijinkan peserta bernapas dengan oksigen murni selama 10 menit sebelum masuk ke dalam air. Sebuah asosiasi penyelam Inggris menjelaskan, seseorang yang menahan napas dalam air harus dalam kondisi sangat rileks agar tubuhnya tidak banyak mengonsumsi oksigen. Sementara bernapas dengan oksigen murni sebelum usaha memecahkan rekor digunakan untuk meminimalisir hal-hal kritis yang tidak diinginkan selama proses menahan napas. “Pada 12 menit pertama, sama sekali tidak ada kendala meskipun saya berada dalam air. Tapi setelah itu, sangat tergantung seberapa kuat Anda menahan napas,” kata Colen usai pemecahan rekor yang dilakukan pada sebuah acara holiday fair di Swiss.

Rekor menahan napas di dalam air pertama diukir oleh seorang pesulap, David Blaine tahun 2008 dengan waktu 17 menit 4 detik. Rekor ini memecahkan catatan waktu yang dicetak Colat, yaitu 16 menit 32 detik yang diukirnya pada Oprah Winfrey talk show. Rekor tersebut akhirnya diperbaiki oleh Putignano dan dipecahkan kembali oleh Colat. Wow…!

About episcia

saia seorang anak perempuan (bungsu dari 2 bersaudara).. memiliki seorang kakak laki-laki bernama koko.. anak ke 2 dari pasangan Bambang S. Lautt dan Hana Pertiwi.. saia lahir 4 juli 1994, berbintang cancer.. menyukai warna ungu dan pink pucat.. memiliki sifat kekanak-kanakan, simple, cereweet.. saia mempunyai berapa hobby seperti menulis, menari, menyanyi, dll.. warna kulit kung langsat.. tinggi badan 168 cm.. dan berat badan 59.. saia menggeluti beberapa ekskul seperti pramuka, pasibaraka, OSIS, SKR.. selanjutnya jika ada yang ingin ditanyakan.. hubungi saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: